Fikih Pesantren 2 (Literasi Santri Pondok Pesantren al-Kamal)

Published by admin on

Tulisan dalam buku ini adalah kelanjutan dari FiqihPesantren yang terbit pada tahun 2016. Pada edisi sebelumnya berisi tentang sejarah dan beberapa peran dari pondok pesantren al-Kamal. Baik dari peran pendidikan, social, keagamaan, politik, ekonomi dan aksi-aksi yang lain. Refleksi dari fiqih pesantren secara umum.

Pada fiqih Pesantren II ini merupakan hasil latihan para santri pondok pesantren Terpadu al-Kamal Kunir Wonodadi Blitar. Buku ini di beri Judul dengan “Fiqih Pesantren II”, dengan alasan, sebagai berikut, Santri zaman kekinian harus memahami dan mencerminkan dari fiqih Pesantren. Yang meliputi aspek pengetahuan, aspek amaliah praktek keagamaan dan sisi aktualisasi ilmunya dalam dunia tulis menulis. Sebagai seorang santri zaman Now harus mampu mengilustrasikan ide-ide nya dalam zaman teknologi maju sekarang ini. Salah satu tuntutannya adalah kemampuan tulis menulis santri sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuninya. Tulisan ini berusaha menjawab kekakuan santri zaman sekarang yang disalahpersepsikan dengan santri retoris, artinya santri yang hanya mampu beretorika, dakwah dengan kata-kata, dan miskin kemampuan tulis menulis.

Maka dengan buku ini untuk memberikan gambaran bahwa santri al-Kamal blitar mampu belajar, mendengarkan, memaraktekkan dan menulsiakn ilmuilmu yang dia dapatkan selama nyantri di Pesantren. Juga para penulis ingin mengembalikan makna tafaquh fi al-Din dengan arti yang lebih luas, mencekup segala aspek ajaran agama Islam, baik fiqih, akhlaq, akidah, pendidikan, tasawuf, filsafat, pembaruan Islam dan kelembagaan dalam Islam. Dengan pemahaman semacam itu, Pesantren akan lebih berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: